Selamat Malam, pada kesempatan ini saya akan membahas
pemrograman mengenai sistem perpustakaan dalam peminjaman buku. Untuk awalannya,
kita perlu membuat UML. UML merupakan sebuah
bahasa yang berdasarkan grafik/gambar untuk memvisualisasi, menspesifasikan,
membangun dan pendokumentasian dari sebuah sistem pengembangan
software
berbasis OO (Object Oriented). UML berbentuk seperti diagram flowcart.
Didalamnya ada Class, Atribut, dan Method yang akan digunakan dalam membangun
sebuah program OOP. UML menunjukkan relasi antar Class dan juga kedudukan Class
tersebut dalam program. Ada banyak software yang
menawarkan pembuatan UML diantaranya StarUML, Violet UML, Argo UML, dan
lainnya. Kali ini saya menggunakan Violet UML. Berikut ini UML Peminjaman Buku
di Perpustakaan.
Setelah rancangan program pada UML sudah kita buat, maka
langkah selanjutnya yaitu implementasi program dari UML tersebut. Berikut langkah-langkahnya
:
1. Buat class
Buku
2. Buatlah
class Mahasiswa
3. Buatlah
class Peminjaman
4. Buatlah
class Komik
5. Buatlah
class Test
Run program, maka pada kotak
console akan muncul hasilnya seperti berikut ini :
Itulah sedikit materi mengenai UML dan contoh aplikasinya
dalam program sistem perpustakaan, semoga bermanfaat. Selamat belajar.. :)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar