UML Sistemasi Peminjaman Buku

          
             Selamat Malam, pada kesempatan ini saya akan membahas pemrograman mengenai sistem perpustakaan dalam peminjaman buku. Untuk awalannya, kita perlu membuat UML. UML merupakan sebuah bahasa yang berdasarkan grafik/gambar untuk memvisualisasi, menspesifasikan, membangun dan pendokumentasian dari sebuah sistem pengembangan
software berbasis OO (Object Oriented). UML berbentuk seperti diagram flowcart. Didalamnya ada Class, Atribut, dan Method yang akan digunakan dalam membangun sebuah program OOP. UML menunjukkan relasi antar Class dan juga kedudukan Class tersebut dalam program. Ada banyak software yang menawarkan pembuatan UML diantaranya StarUML, Violet UML, Argo UML, dan lainnya. Kali ini saya menggunakan Violet UML. Berikut ini UML Peminjaman Buku di Perpustakaan. 



Setelah rancangan program pada UML sudah kita buat, maka langkah selanjutnya yaitu implementasi program dari UML tersebut. Berikut langkah-langkahnya :

1.    Buat class Buku


2.    Buatlah class Mahasiswa


3.    Buatlah class Peminjaman


4.    Buatlah class Komik


5.    Buatlah class Test



Run program, maka pada kotak console akan muncul hasilnya seperti berikut ini :


Itulah sedikit materi mengenai UML dan contoh aplikasinya dalam program sistem perpustakaan, semoga bermanfaat. Selamat belajar.. :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar